Pentingnya Folder ‘Downloads’

Awal-awal rilis leopard, kita bisa pakai stacks. Stacks tu sesuatu yg ada d bagian kanan dock kita.

Stacks

Sebenernya termnya bukan stacks sih, gua ga tau apaan dan males nyari juga. Yang jelas doi bisa jadi bentuk folder, bisa jadi bentuk stacks. Pada di pic di atas, kalo bentuk folder itu seperti 2 folder pada bagian kiri. Kalau bentuk stacks, itu yg sperti tumpukan file / folder pd 2 file bagian kanan.

Yah anggap aja termnya ‘stacks’.

Pas awal-awal gua make leopard, gua ga ngerti benernya guna ni folder downloads apaan

Folder 'Downloads'

Jadi gw aneh2in deh tu folder. Gw pakein skin buat stacks, jadi sejenis icon supaya stacks ‘downloads’ gw keliatan keren. nih contohnya:

Masih banyak skin buat stacks yang seperti ini, kalian bisa download di Iconpaper. Caranya adalah masukin icon yg berbentuk sperti container / box itu ke dalam folder ‘downloads’ tsb. Rename iconnya jadi ” ” (spasi, tanpa tanda kutip. tujuannya adalah agar icon tersebut selalu menjadi yang terdepan!). kemudian klik kanan di stacks ‘downloads’, pilih sort by name. Voila!

TAPI!!!! Kekurangannya adalah, setelah beberapa lama, folder downloads gw berantakan banget isinya. Download-an gw ga karuan berada dimana-mana, tidak terorganisir.

Sebabnya adalah, karena gw sort ni folder by name. Yang lebih baik seharusnya sih sort by date added Jadi, gw bisa dengan mudah menyortir file yg baru saja didownload. misalnya movie files, jadi bisa langsung gw drag ke folder Movies…

Selain itu, gw ga perlu mantau ‘downloads’ window terus kalo lg download sesuatu. Dengan sort by date added, bila file sudah slesai didownload, akan menampilkan sejenis animasi yang menandakan kalau tu file uda kelar didownload en masuk ke foder downloads.

Jadi, gunakanlah folder downloads Anda dengan baik. Selalu letakkan di dock (lebih baik begitu), dan sort by date added. Yah, ga perlu terlalu mengikuti saran saya sih, tergantung preference anda saja :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>